02 Desember 2008

Learner-Centered Instructional Strategies

· Problem-based Learning

Problem-based Learning mengutamakan pemecahan masalah sehari-hari. Murid mengidentifikasi isu yang akan mereka eksplorasi, dan yang perlu mereka selesaikan. Guru hanya bertindak sebagai pembimbing, membantu murid dengan memantau usaha mereka untuk menyelesaikan masalah.

· Essential Questions

Essential Questions adalah pertanyaan yang merefleksikan hal yang penting dari kurikulum, hal yang penting yang dipercaya murid akan dapat dieksplorasi dan dipelajari (Santrock, 2001).

· Discovery Learning

Discovery Learning adalah pembelajaran dimana murid membuat pemahaman mereka sendiri. Dalam Discovery Learning, murid harus bereksplorasi sendiri. Menurut Dewey dan Bruner (Santrock, 2001), Discovery Learning menyemangati murid untulk berpikir sendiri dan menemukan bagaimana pengetahuan dibangun. Sebagai guru yang mulai menggunakan Discovery Learning, mereka akan menemukan bahwa hal tersebut efektif dalam pendekatan instruksi sistematis yang perlu dimodifikasi, yang akan mengembangkan guided discovery learning. Guided discovery learning adalah ketika murid masih mendapat dukungan akan pembangungan pengertian, tetapi masih dengan pengarahan pertanyaan dan arahan dari guru.

Berikut ini adalah perbedaan antara teacher centered learning dan student centered learning:

Teacher Centered Learning

Student Centered Learning

Transfer pengetahuan dari dosen ke mahasiswa.

Mahasiswa aktif mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan yang dipelajari.

Mahasiwa menerima pengetahuan secara pasif.

Mahasiswa aktif terlibat dalam mengelola pengetahuan.

Lebih menekankan pada penguasaan materi.

Tidak terfokus hanya pada pengetahuan tetapi juga mengembangkan sikap belajar (life long learning).

Single media.

Multimedia.

Fungsi dosen pemberi informasi utama dan evaluator.

Fungsi dosen sebagai motivator, fasilitator, dan evaluator.

Proses pembelajaran dan penilaian dilakukan terpisah.

Proses pembelajaran dan penilaian berkesinambungan dan terorganisasi.

Menekankan pada jawaban yang benar saja.

Penekanan pada proses pengembangan pengetahuan. Kesalahan dapat digunakan sebagai sumber belajar.

Sesuai dengan pengembangan ilmu dalam satu disiplin saja.

Sesuai dengan pengembangan ilmu dengan pendekatan interdisipliner

Iklim belajar individual dan kompetitif.

Iklim yang dikembangkan bersifat kolaboratif, supportif, dan kooperatif.

Perkuliahan merupakan bagian terbesar dalam proses pembelajaran.

Mahasiswa melakukan pembelajaran dengan berbagai model dengan SCL

Penekanan pada tuntasnya materi pembelajaran.

Penekanan pada pencapaian kompetensi mahasiswa.

Penekana pada bagaimana cara dosen melakukan pengajaran.

Penekanan pada cara mahasiswa melakukan pembelajaran.

Penekanan pada penguasaan hard skill mahasiswa.

Penekanan pada penguasaan hard skill dann soft skill mahasiswa.

Tidak ada komentar: